BAGIAN KEPALA DAN SYARAF YANG BERHUBUNGAN DENGAN GIGI GELIGI


 1) Bagian-bagian tulamg Cranium :

1. Tulang Depan/ Frontal

Fungsi utama tulang Frontal adalah melindungi otak dan menopang struktur kepala

2. Tulang Pariental

Merupakan sepasang tulang pipih yang terletak di kedua sisi kepala, tepatnya di belakang tulang depan

3. Tulang Temporal

Terletak dibawah setiap tulang pariental ,merupakan tulang yang terbentuktidak beraturan dan mengelilingi bagian tengah dan dalam telinga. Melindungi otak besar dan membrane di sekitarnya.

4. Tulang Oksipital

Merupakan tulang pipih yang berbentuk trapezium, terlrtak di bagian tengkorak paling belakang . Berfungsi untuk melindungi bagian otak yang memproses penglihatan.

5. Tulang Spenoid

Merupakan tulang yang berada di tengah tengkorak tepatnya di bawah tulang dahi dan di depan tulangoksipital, tulang ini membentuk sebagian besar dasar tengkorak manusia.

6. Tulang Etmoid

Tulang ini adalah tulang paling kompleks yang terletak di antara kedua mata, membentuk ronggo mata dan rongga hodung

7. Tulang Pipi / Zigomatik

Terletak tepat di bawah kedua mata, Tulang pipi terikat dengan beberapa tulang wajah lainnya, Bagian bawah tulang pipi turut berperan dalam membantu pergerakan mulut

8. Tulang Maxila

Terletak di bagian tengah wajah yang memisahkan rongga hidung dan mulut, berisi sinus maxilaris yang ada di setiap sisi hidung. Merupakan tempat tumbuhnya gigi atas serta membentuk langit langit mulut dan bagian bawah rongga mata.

9. Tulang Mandibula

Merupakan tulang yang terbesar pada tengkorak manusia, membentuk bagian bawah tengkorak , struktur gigi bawah dan struktur mulut Bersama dengan tulang maxilla.

10. Tulang Lakrimal

Terletak di rongga mata, terdiri dari 2 permukaan 1 menghadap hidung, 1 menghadap mata, membentuk struktur dan menopang mata.

11. Tulang Hidung

Terletak di bagian tengah atas wajah, di antara tulang dahi dan tulang rahang atas , berfungsi untuk mengikat tukang rawan yang membentuk kontur hidung manusia

12. Tulang Palatina

Merupakan tulang yang membantu membentuk rangga hidung, rongga bawah mata dan langit-langit mulut. Tulang ini adalah rumah bagi syaraf palatine yang berfungsi sebagai pemberi siyal rasa sakit pada gigi dan mulut.


2)  SYARAF YANG BERHUBUNGN DENGAN GIGI

Syaraf Trigeminus

Sangat erat hubungannya dengan pencabutan gigi dan anaestesi

Syaraf Trigeminus mempunyai 3 cabang yaitu :

Syaraf Nasociliaris

Syaraf Frontalis

Syaraf Lacrimalis

Syaraf Maxilaris

Masuk ke dalam Fossa pterygopa latina membuat cabang cabang yaitu :

Syaraf Uvula, Tonsil ,palatum mole (palatum lunak) dan palatum durum (palatum keras)

Syaraf Palatini, memasuki daerah palatum melalui foramen palatina posterior

Syaraf Intra Orbitalis

Memberi cabang cabang  : Syaraf Alveolaris turun ke Gigi melalui dinding sinus dan membentuk anyaman serat serat syaraf yang disebutPlexus dentalis superior di dekat gigi gigi

Syaraf Mandibularis

Syaraf ini dibagi menjadi 2 bagian utama:

Bagian anterior yang bersifat motoris dan satu serat sensoris yaitu syaraf buccinatoris yang menuju ke pipi dan selaput lender bagian dalam mulut.

Bagian posterior yang sifatnya sensoris dengan satu cabang kecil motoris yaitu syaraf mylohyodieus, dan bagian anterior otot digastricus . Cabang motoris ini merajut dengan syaraf alveolaris superior sampai tempat masuknya syaraf ini ke dalam RB melalui foramen mandibula

 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL DAN KEGIATAN PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI RSUD KI AGENG SELO WIROSARI

Peran Komunikasi Terapeutik Di RSUD Ki Ageng Selo Wirosari